Pages

Friday, April 30, 2010

Resep Tempe Penyet


Hidangan ini sederhana sekali, tapi buat penggemar makanan pedas boleh juga dicoba. Bahan yang diperlukan cukup sederhana, membuatnya juga mudah, tidak membutuhkan banyak waktu.
Gizinya dimana? aku kurang tahu...hehe...
Kalau sekiranya kurang pedas, tambahin cabenya saja. Pasti mantap sekali....

Bahan:
  • 150 gram tempe, goreng
  • 2 buah cabai merah besar
  • 8 buah cabai rawit merah
  • 2 sdt terasi matang
  • garam secukupnya
  • 1 buah tomat mengkal, iris
  • 1 sdt air jeruk limau
  • daun kemangi secukupnya

1. Gunakan cobek dan ulekan, ulek kasar cabai merah besar, cabai rawit, terasi, dan garam. Tambahkan air jeruk limau dan irisan tomat mengkal, aduk rata.
2. Penyet tempe diatasnya hingga pipih.
3. Sajikan dengan daun kemangi.

Selamat mencoba!

Sayur Pepaya Udang

Sayur Pepaya UdangBahan :- 500 gram pepaya muda, serut halus -- 250 gram udang, kups kulitnya, tinggalkan ekornya -- 2 lembar daun salam -- 3 lembar daun jeruk purut -- 1 papa petai, kupas kulitnya -- 2 sdt garam -- 1 batang serai, memarkan -- 1 sdt gula merah -- 750 cc santan dari 1 butir kelapa -- 3 sdm minyak goreng -Bumbu halus :- 7 butir bawang merah -- 4 siung bawang putih -- 8 buah cabai

Rolade Saus Jamur

Rolade Saus JamurBahan :- 300 gram daging sapi cincang -- 1/2 kaleng liver paste -- 4 sdm bawang goreng, haluskan -- 3 sdm tepung roti -- 2 butir telur, kocok lepas -- Merica, pala, garam secukupnya -Dadar :- 2 butir telur -- 1 sdt sagu + 1 sdm air -- 1/2 sdt garam -- 1/2 sdt merica -Saus jamur :- 1 buah bawang bombay, potong bulat tipis -- 2 sdm butter -- 1 1/2 sdm terigu -- 50 gram jamur kaleng

Tenggiri Bumbu Bali

Tenggiri Bumbu BaliBahan :- 500 gram ikan tenggiri, potong 5 bagian -- 2 lembar daun salam -- 2 ruas lengkuas, memarkan -- 1 batang serai, memarkan -- 1 lembar daun jeruk -- 3 sdm minyak goreng -- 200 cc air -Bumbu haluskan :- 6 butir bawang merah -- 4 siung bawang putih -- 5 buah cabai besar -- 1 sdt terasi -- 4 butir kemiri -- 1 sdt garam -Cara membuat :1. Panaskan minyak goreng.2. Tumis bumbu

Thursday, April 29, 2010

Es Buah Masak Gula

Es Buah Masak GulaBahan :- 1 buah pepaya setengah matang, potong dadu -- 1 buah labu siam, potong bola -- 1/2 buah nanas, potong dadu -- 1 buah bengkuang, potong dadu -- 1 liter air -- 200 gram gula -- 1 sdt garam -- 1 sdt citroenzur -- Sirup stroberi, es batu secukupnya -Cara membuat :1. Air, gula, garam, citroenzur disatukan. Rebus mendidih. Masukkan pepaya, labu siam, nanas, bengkuang,2, Rebus

Es Puding Moca Coklat

Es Puding Moca CoklatBahan :- 1 potong puding moka -- 2 sdm mesyes -- 2 sdm susu kental manis -- Es batu secukupnya -Puding moka :- 1 bungkus agar-agar -- 600 cc susu cair -- 100 gram gula -- 1/2 sdt garam -- 1/2 sdt pasta coklat -Cara membuat :1. Campur susu cair, gula, garam dan pasta coklat, masak mendidih sambil diaduk. Lalu campur dengan agar-agar.2. Tuang adonan puding ke dalam cetakan.

Wednesday, April 28, 2010

Es Sirsak Blewah

Es Sirsak BlewahBahan :- 2 sdm sirup rose -- 4 sdm sirsak -- 4 sdm blewah dikerok -- Air, es batu secukupnya -Cara membuat :1. Susun dalam gelas sirup, sirsak, blewah.2. Beri es batu. Tambahkan air secukupnya. Hidangkan.Untuk 1 gelasAura / Lezat Sehat 79 / Minggu ke-1 / Februari 2006

Pandan Roll

Pandan RollBahan isi (masak matang) :- 250 cc santan dari 1.4 butir kelapa -- 50 gram gula -- 35 gram maizena -- 1/4 butir kelapa muda, parut -- 1/2 sdt garam -- Vanili secukupnya -Kulit (campur jadi satu) :- 100 gram terigu -- 1 butir kuning telur -- 350 cc santan dari 1/4 butir kelapa -- 1/2 sdt garam -Cara membuat :1. Dadar adonan kulit sesendok demi sesendok sayur sampai habis.2. Setiap dadar

Dadar Mangkuk Kukus

Dadar Mangkuk KukusBahan isi (campur, mixer sampai kental) :- 75 gram vla instan -- 250 cc air -Kulit :- 80 gram terigu -- 1 butir kuning telur -- 175 c susu sapi -- 1/2 sdt garam -- Jelly secukupnya -Cara membuat kulit :1. Dadar adonan kulit sesendok demi sesendok sayur sampai habis.2. Masukkan dadaran ke dalam cetakan pie. Isi dengan bahan isis.3. Kukus 10 menit. Biarkan dingin. Hias dengan

Tuesday, April 27, 2010

Buah Pare dan Manfaatnya

Buah Pare (Momordica Charantia)  termasuk Family Cucurbitaceae.

Di Indonesia buah Pare memiliki nama yang beragam disetiap daerah diantaranya Prien (Gayo), Paria (Batak Toba), Foria (Nias), Peria (Melayu), Kambeh (Minangkabau), Papare (Jakarta), Paria  (Sunda), Pare (Jawa Tengah), Pepareh (Madura), Paya Truwok (Sasak), Paria (Bima), Pania (Timor), Popari (Menado), Beleng gede(Gorontalo), Paria (Makasar), Paria (Bugis), Papariane (Seram),  Papari (Buru),  Papare (Halmahera),  Kepare (Ternate).

Nama/sebutan untuk Pare di tiap negara juga berbeda-beda, misalnya:
English: Balsam-Pear, Bitter gourd
Malaysia: Peria...
Pilipina: Ampalaya, Amargoso, paria, palia...
Thailand: Mara, Phakha, Maha...
Vietnam: MuopDang, Kho Qua...
Cina: Ku Gua, foo gwa...

Tanaman pare yang dibudidayakan dikelompokkan dalam tiga jenis, yaitu :
1. Pare putih ( pare gajih atau pare Bodas)

Pare putih buahnya besar, berbentuk bulat panjang, warnanya putih, dengan permukaan kulit buah yang berbintil-bintil besar. Rasanya tidak terlalu pahit.








2.Pare hijau ( pare gengge atau pare kodok)

Pare hijau berukuran lebih kecil, berbentuk lonjong, dan permukaan kulitnya berbintil-bintil halus. Rasanya sangat pahit.







3. Pare ular ( pare belut)

Sedangkan pare ular berukuran sekira 60 cm panjangnya, berbentuk bulat, berwarna hijau dengan belang-belang putih mirip kulit ular. Permukaan kulitnya halus, tidak ada bintil-bintilnya. Rasanya tidak pahit.







Manfaat buah Pare diantaranya adalah:
Pare sebagai obat diabetes - kencing manis (hanya untuk penderita diabetes - kencing manis yang masih dalam tahap ringan dan penyembuhannya tidak bergantung pada suntikan insulin). Biasanya, penderita pada tingkat ini masih memiliki kelenjar pankreas yang masih bisa menghasilkan hormon insulin. Diduga zat yang dapat menurunkan kadar gula darah dalam buah pare ini adalah sejenis glukosida, yaitu momordisin.

Pare mengandung kadar betakaroten dua kali lipat lebih banyak dari brokoli. Pare juga mengandung betakaroten yang sangat bagus untuk membasmi sel kanker, menghambat serangan jantung dan mengatasi infeksi karena virus.

Kadar kalsium pare juga tergolong tinggi, sehingga mampu menaikkan produksi sel-sel beta dalam pankreas untuk menghasilkan insulin. Bila insulin dalam tubuh mencukupi maka kemungkinan kadar glukosa yang membanjir dapat dicegah, sehingga kadar gula darah menjadi normal atau terkontrol.

Di beberapa negara terutama Jepang, Korea dan China, pare dimanfaatkan untuk pengobatan. Pare yang muda digunakan sebagai obat diabetes, gangguan pencernaan, minuman penambah semangat, obat pencahar dan perangsang muntah. Bahkan  Pare telah diekstrak dan dikemas dalam kapsul sebagai obat herbal kencing manis.

Khasiat pare lainnya yaitu, kandungan senyawa fitokimia lutein dan likopennya berkhasiat sebagai antikanker, antibiotika, antivirus, perangsang produksi insulin, penyeimbang tekanan darah dan kadar gula darah, perangsang nafsu makan dan pembasmi cacing usus.

Berikut ini tabel kandungan gizi dalam buah pare.

 sumber tabel: Depkes RI

Cara membuat ramuan:
Buah pare diparut atau dihaluskan, lalu diambil ekstrak perasan buahnya. Perasan ini diminum tiga kali sehari sampai kadar gula darah kembali normal.
Atau dengan membuat jus pare segar ukuran kecil. Caranya buatlah sebanyak 50ml pare (1,5 ons) sampai 100 ml (sekitar 3 ons) lalu dibagi menjadi 2 atau 3 dosis sehari.
Perlu diingat jus pare ini sangatlah pahit.

Perhatian
Meskipun pare bergizi tinggi, namun sebaiknya jangan diberikan pada anak-anak dan wanita hamil. Karena anak-anak masih rentan terhadap pare, dikhawatirkan kadar gula anak akan anjlok.
Sedangkan wanita hamil tidak dianjurkan mengkonsumsi pare karena buah ini mengandung senyawa yang dapat menggugurkan kandungan.

Meskipun pare sangat baik untuk menurunkan gula darah, akan tetapi harus diperhatikan penggunaannya apalagi jika Anda seorang diabetesi yang menggunakan obat-obatan untuk mengontrol kadar gula darah Anda. Jangan lupa untuk memonitor kadar gula darah Anda jika Anda memutuskan untuk memakai pare sebagai tambahan pengontrol kadar gula darah. Jika Anda sedang dalam pengobatan bersama obat gula sebaiknya konsultasikan dulu ke dokter Anda sebelum Anda menggunakan pare bersama obat Anda karena pare bisa menyebabkan kadar gula darah Anda turun drastis bila memakai terlalu berlebihan. 

Sumber: google dan kompas.
Semoga bermanfaat!

Loude Paru

Loude ParuBahan :- 1 kg ikan bandeng, bumbuhi garam, air jeruk nipis -Sambal (campur rata) :- 5 butir bawang merah, iris tipis -- 10 buah cabai rawit, iris tipis -- 2 buah cabai merah, iris tipis -- Garam, air jeruk nipis secukupnya -Cara membuat :1. Sisik bandeng jangan dibuang. Bakar di atas bara api sampai matang.2. Hidangkan dengan sambal.Untuk 2 porsiAura / Lezat Sehat 79 / Minggu ke-1 /

Slada NTB

Slada NTB Bahan :- 1 buah labu siam, potong korek api -- 1 kuntum brokoli, potong kasar -- 1 buah wortel, potong korek api -- 150 gram buncis, potong 1/2 cm -- 150 gram jagung manis -Saus (campur) :- 125 gram selai kacang -- 3 butir kuning telur, rebus, haluskan -- 5 buah cabai rawit, haluskan -- 1 sdm saus sambal -- 1 sdm air jeruk nipis -- 1 sdt gula pasir -- 1/2 sdt merica bubuk -- 125 cc air

Rempah Pedas

Rempah PedasBahan :- 400 gram daging cincang -- 25 gram gula merah, larutkan dengan sedikit air -- 1 butir telur, kocok lepas -- 1/2 butir kelapa agak muda, parut -- 2 lembar daun jeruk, iris halus -- 2 batang serasi, memarkan -- 500 cc kaldu ayam -- 1 ikat daun kemangi -- Garam, merica, air secukupnya -- Minyak secukupnya untuk menggoreng dan menumis -Haluskan :- 6 butir bawang merah -- 6 siung

Gecak Sape

Gecak SapeBahan :- 500 gram tetelan, rebus -- 100 gram babat, potong panjang -- 100 gram hati sapi, potong dadu -- 100 gram limpa, potong dadu -- 100 gram wijen -- 1/2 butir kelapa parut, sangrai, haluskan -- 6 butir bawang merah, iris halus -- 600 cc santan dari 1 butir kelapa -- 2 ruas jari lengkuas, memarkan -- 4 lembar daun jeruk purut, iris halus -- 2 buah jeruk limau, ambil airnya -- 8 buah

Monday, April 26, 2010

Sosis Brokoli Saus Pedas

Sosis Brokoli Saus PedasBahan :- 2 lonjor sosis, potong melintang 1 cm -- 1 bonggol brokoli, potong peruntum, rebus -- 1/4 buah paprika kuning, potong dadu -- 1 siung bawang putih, cincang -- 150 cc kaldu ayam -- 3 sdm saus botol -- Minayk secukupnya untuk menumis -- 1 sdt sagu dicampur dengan 2 sdm air -Bumbu :- 1/2 sdt minyak wijen -- 1 sdt kecap ikan -- 1 sdt kecap inggris -- 1/2 ruas jari

Ayam Tepung Saus Tiram

Ayam Tepung Saus TiramBahan :- 1 dada ayam, potong panjang -- Garam, merica secukupnya -- 2 siung bawang putih, cincang -- 50 gram terigu -- 30 gram tepung bumbu -- 1 butir putih telur -- Minyak secukupnya untuk menggoreng -Saus :- 2 siung bawang putih, cincang -- 4 sdm saus tiram -- 1 sdt kecap ikan -- 1.2 sdt minayk wijen -- 100 cc air -- Minayk secukupnay untuk menumis -Cara membuat :1. Dada

Apel Masak Cuka

Apel Masak CukaBahan :- 1 buah apel, potong dadu, cuci air garam -- 1/2 dada ayam, potong dadu -- 1/2 buah paprika, potong dadu -- 1/2 buah wortel, iris tipis -- 1 buah daun bawang, iris 2 cm -- 2 buah bawang putih, cincang -- 150 cc kaldu ayam -- Minayk secukupnya untuk menumis -Bumbu :- 1 sdt kecap ikan -- 1/2 sdt minyan wijen -- 3 sdm saus tomat -- Garam, merica secukupnya -Cara membuat :1.

Ayam Santan Selaras

Ayam Santan SelarasBahan :- 1 ekor ayam, potong jadi 10 -- 750 cc santan dari 1 butir kelapa -- 2 buah tahu, potong dadu -- 2 buah cabai merah, iris serong -- 2 buah cabai hijau, iris serong -- 250 gram rebung, iris tipis -- 2 btang daun bawang, iris 3 cm -- Minyak secukupnya untuk menumis -Bumbu haluskan :- 3 siung bawang putih -- 6 butir bawang merah -- 4 butir kemiri -- Garam, merica, gula

Sunday, April 25, 2010

Resep Sop 5 menit

Maaf maaf...admin dapurpunyaku lagi males masak...menunya gak diganti-ganti.
Kali ini cuma mau share resep yang cepat memasaknya, bumbu juga minimalis tapi tetep bisa dinikmati. Disajikan saat siang hari, udara panas, plus sambal pedas...enak.....

Yuk..langsung saja...ini resep selengkapnya. Ngasih namanya juga asal...hehe...( semoga tidak dimarahi para pakar masak nih...).

Resep Sop 5 menit

Bahan:
1 liter air (kurang lebih atau dikira-kira sendiri aja deh...)
1 buah wortel, kupas, potong-potong
5 buah bakso, iris kecil
4 buah sosis ayam, potong bulat ( Kalau di Indonesia, kadang anakku tidak mau makan karena ketika sudah matang warna sosisnya berubah, kalau disini tidak tuh...kenapa ya?? )
2 batang daun bawang, iris 1 cm
1 buah kaldu blok rasa ayam/udang

Cara memasak:
  • Masak air hingga mendidih, masukkan wortel.
  • Berturut-turut, masukkan bakso, sosis ayam dan daun bawang.
  • Masukkan kaldu blok, aduk-aduk.
  • Masak sampai matang, dan siap dihidangkan.
Cepat kan masaknya? kurang lebih 5 menit deh...makanya diberi nama Sop 5 menit...hihi...
Menu ini cocok untuk anak-anak, kalau untuk dewasa sajikan dengan sambal pedas. Anda bisa memotong wortel berbentuk bunga (pakai cetakan kuker=kue kering), agar lebih menarik dan mengundang selera makan anak-anak.

Selamat mencoba!

Wednesday, April 21, 2010

Resep Tumis Brokoli

Photo ini sudah lama, tapi kayaknya belum diposting. Brokoli itu banyak gizinya, tapi kadang bingung mau dimasak apa, selain dikukus untuk lalapan. Akhirnya ditumis saja.

Bahan-bahannya sederhana, memasaknya juga cepat. Cocok ketika tidak punya banyak waktu untuk memasak. Atau kalau untuk hidangan sahur ketika bulan Ramadhan karena tidak ribet memasaknya.

Bahan:
brokoli, potong per kuntum
jagung muda (putren), iris serong
udang kupas

Bumbu:
5 butir bawang merah, iris tipis
3 siung bawang putih, iris tipis
3 buah cabe merah, iris serong
garam, secukupnya
kaldu bubuk/penyedap rasa
sedikit gula merah

Cara membuat:
1. Tumis bumbu hingga harum, masukkan udang kupas, aduk-aduk.
2. Masukkan jagung muda/putren, tambahkan garam dan bumbu lainnya. Tambahkan sedikit air untuk mematangkan jagung.
3. Terakhir masukkan brokoli, aduk rata.
4. Masak sebentar, angkat. Segera sajikan.

Selamat mencoba!

Apple Pie

Apple PieBahan :- 250 cc susu cair -- 50 gram gula -- 1 butir kuning telur -- 35 gram tepung terigu -- 1/2 buah apel, kupas, potong dadu -- 1/2 sdt garam -- Vanili secukupnya -Cara membuat :1. Susu cari, gula, kuning telur, terigu, apel, garam, vanili dimasak sampai matang. Masukkan ke dalam pie sampai penuh.Untuk 15 porsiAura / Lezat Sehat 57 / Minggu ke-4 / Januari 2005

Ceri Pie

Ceri PieBahan :- 250 gram susu cair -- 52 gram gula -- 1 butir kuning telur -- 35 gram maizena -- 1/2 sdt garam -- 8 ceri merah -- 8 ceri hijau -Cara membuat :1. Susu cari, gula, kuning telur, maizena, garam dimasak sampai matang. Masukkan ke dalam pie sampai penuh. Beri ceri merah dan hijau.Untuk 8 porsiAura / Lezat Sehat 57 / Minggu ke-4 / Januari 2005

Nanas Pie

Nanas PieBahan :- 250 cc susu cair -- 51 gram gula -- 1 butir kuning telur -- 35 gram maizena -- 1/2 sdt garam -- Nanas secukupnya, potong segitiga, ceri secukupnya, masing-masing potong 6 membujur, jelly secukupnya -Cara membuat :1. Susu cair, gula, kuning telur, maizena, garam dimasak sampai matang.2. Masukkan ke dalam pie sampai penuh. Beri nanas di kanan kiri. Bagian tengah diberi sepotong

Tuesday, April 20, 2010

Fruit Pie

Fruit PieBahan :- 250 cc susu cair -- 50 gram gula -- 1 butir kuning telur -- 35 gram maizena -- 1/2 sdt garam -- 2 buah kiwi dan 8 buah ceri -Cara membuat :1. Susu cair, gula, kuning telur, maizena, garam dimasak sampai matang.2. Masukkan ke dalam pie sampai penuh. Beri potongan kiwi dan ceri.Untuk 8 porsiAura / Lezat Sehat 57 / Minggu ke-4 / Januari 2005

Chicken Pie

Chicken PieBahan :- 1/2 dada ayam, rebus -- 1 buah wortel, potong dadu -- 1/4 sdt merica -- 1/2 sdt garam -- 3 sdm tepung terigu -- 150 cc air -- 2 siung bawang merah, iris -Cara membuat :1. Bawang merah ditumis sampai harum.2. Masukkan ayam, wortel, bumbu dan air.3. Masak sampai wortel lunak. Beri terigu. Aduk rata.4. Angkat dari api.5. Masukkan ke dalam pie yang saudah matang. Hidangkan.Untuk

Butter Peanut Pie

Butter Peanut PieBahan :- 150 gram kacang tanah, sangrau -- 100 ram coklat cair -- 1/4 sdt garam -Cara membuat :1. Kacang dan garam diaduk rata.2. Campur dengan coklat cair. Masukkan ke dalam pie.Untuk 6 porsiAura / Lezat Sehat 57 / Minggu ke-4 / Januari 2005

Resep Dasar Pie

Resep Dasar PieBahan :- 250 gram tepung terigu -- 150 gram mentega -- 3 butir telur -- 1 sdt garam -Cara membuat :1. Mentega dan kuning telur dimixer selama 2 menit. Beri tepung terigu dan garam. Aduk sampai rata.2. Masukkan ke dalam cetakan. Panggang 160 oC sampai matang.3. Isi sesuai resep berikut.Aura / Lezat Sehat 57 / Minggu ke-4 / Januari 2005

Monday, April 19, 2010

Putu Cetak

Putu CetakBahan :- 500 gram tepung beras -- 200 cc air -- 1/2 buah kelapa muda, parut -- 150 gram gula merah, sisir -- 2 sdt garam -- Pewarna hijau, pewarna merah muda secukupnya -Cara membuat :1. Tepung beras diperciki air. Ratakan. Kukus 5 menit. Saring dengan saringan kasar.Masukkan kelapa parut dan garam. Begi 3 bagian.2. Satu bagian biarkan putih, 1 bagian diberi pewarna hijau, 1 bagian

Mendut

MendutBahan :- 150 gram tepung ketan -- 30 gram gula pasir -- 100 cc santan dari 1/4 butir kelapa -- 1/2 sdt garam -- 1/4 sdt vanili -- Pewarna hijau secukupnya -Saus (campur) :- 100 cc santan dari 1/4 butir kelapa -- 25 gram tepung ketan -- 1/4 sdt gara, -- Sedikit vanili -Isi (campur, masak sampai licin/kalis) :- 1/4 butir kelapa muda, parut -- 25 gram gula merah -- 10 gram gul apasir -- 50 cc

Pie Singkong Pisang

Pie Singkong PisangBahan :- 250 gram singkong parut -- 3 buah pisang ambon -- 50 gram gula pasir -- 50 gram gula merah, sisis -- 1 sdt garam -- 1/4 butir kelapa muda parut -- Gula merah secukupnya, potong kecil -Cara membuat :1. Semua bahan dicampur dan dibentuk segitiga. Bagian tengah diberi sedikit gula merah.2. Kukus 20 menit.Untuk 4 porsiAura / Lezat Sehat 57 / Minggu ke-4 / Januari 2005

Kue Jongkong

Kue JongkongBahan :- 100 gram tepung beras -- 110 cc santan dari 1 butir kelapa -- 1 sdt garam -- 1 buah kelapa muda kerok -- Pewarna hjau secukupnya -Saus (masak, saring) :- 100 gram gula merah -- 25 cc air -Cara membuat :1. Tepung beras, santan dan garam dijadikan satu. Masak sampai matang.2. Bagi jadi 2 bagian. Satu bagian diberi kelapa muda. Bagian lainnya diberi pewarna hijau.3. Masukkan ke

Sunday, April 18, 2010

Resep Pepes Ikan

Biasanya kalau untuk pepes, ikan yang dipakai ikan mas. Tapi disini kemarin saya pakai ikan apa ya? lupa gak ditulis, yang pasti ikan lokal...hehe...Disesuaikan dengan ikan yang tersedia saja.

Mungkin Anda akan menemukan banyak versi resep ikan pepes ini, tapi yang ini original saja. Kalau mau dilengkapi ya silakan saja. Berikut ini resep pepes ikan selengkapnya.

Bahan:
ikan mas utuh, bersihkan (saya pakai ikan lokal saja)
cabe merah utuh atau boleh juga diiris serong, cabe rawit juga boleh
daun kemangi
daun singkong
daun bawang diiris-iris
serai, potong-potong, dimemarkan
daun salam
tomat diiris bulat
daun pisang untuk membungkus
lidi/tusuk gigi untuk menyemat

Bumbu dihaluskan:
cabe merah
kunyit sedikit
bawang merah
bawang putih
kemiri
garam

Cara Membuat:
1. Tumis bumbu, masukkan sedikit air.
2. Masukkan ikan, masak sampai kuah kering, tapi jangan terlalu matang.
3. Matikan api, tutup wajan, biarkan sampai bumbu meresap.
4. Ambil daun pisang, beri daun singkong, daun kemangi, salam, serai, lalu ikan, beri tomat iris, cabe utuh/iris, daun bawang, tutup lagi dengan daun singkong.
5. Bungkus rapi, semat dengan lidi/tusuk gigi.
6. Kukus sampai matang.
7. Lebih sedap bakar sebentar di atas bara api, sambil dibalik balik.
8. Angkat, hidangkan.

Ada juga cara berbeda, ikan yang telah direndam bumbu langsung dibungkus bersama daun singkong dan bumbu lainnya, jadi ikan tanpa dimasak sebentar. Tapi dengan cara bumbu ditumis terlebih dahulu dan ikan dimasak sebentar, kita bisa mencicipi, misalnya kurang garam/yang lainnya kita bisa menambahkan.

Selamat mencoba!

Putu Tegal

Putu TegalBahan :- 150 gram tepung ketan -- 50 grm sagu -- 1/4 sdt garam -- 2 pisang raja, potong melintang -- 1/4 butir kelapa muda, parut -- 100 gram gula pasir -- Air secukupnya -Cara membuat :1. Tepung ketan, sagu dan garam diaduk perlahan. Beri air. Aduk rata.2. Bagi adonan menjadi 10. Beri sepotong pisang. Kukus 10 menit.3. Bila sudah matang ditabur dengan kelapa muda parut dan gula

Kelepon

KeleponBahan :- 250 gram tepung ketan -- 50 gram tepung sagu -- 125 cc santan dari 1/4 butir kelapa -- 1/4 sdt garam -- 1/4 sdt vanili -- Pewarna hijau secukupnya -Isi :- Gula merah disisir halus -Pelengkap :- 1/4 butir kelapa muda, parut, kukus -Cara membuat :1. Semua bahan dicampur dan diaduk sampai rata.2. Bagi adonan jadi 20 bagian. Isi dengan bahan isi. Bentuk bulat seperti bola.3. Kukus 20

Lidah Sapi Kuah Santan

Lidah Sapi Kuah SantanBahan :- 300 gram lidah sapi, rebus sampai lunak -- 200 gram sumsum -- 10 butir telur puyuh, rebus -- 750 cc santan dari 1 butir kelapa -Bumbu :- 3 siung bawang putih, haluskan -- 7 butir bawang merah, haluskan -- 4 butir kemiri halus -- 1 sdt ketumbar halus -- 1 ruas jari kunyit halus -- Garam dan lada secukupya -Cara membuat :1. Semua bumbu halus ditumis sampai harum. Beri

Saturday, April 17, 2010

Panada

PanadaBahan :- 500 gram terigu -- 100 gram mentega -- 10 gram susu bubuk -- 10 gram yeast instan- 15 gram bacom (bahan penahan lembap, dapat dibeli di toko bahan kue) -- 100 gram gula pasir -- 120 cc santan dari 1/4 butir kelapa -- 1 butir telur -- 1/2 sdt SP -- 1 sdt garam -Isi :- 250 gram ikan tongkol, hancurkan -- 200 cc santan kental -- 2 lembar daun jeruk, memarkan -- 1 batang serai,

Bolu Kukus

Bolu KukusBahan :- 5 butir telur ukuran sedang -- 300 gram gula pasir -- 300 gram terigu -- 200 cc minuman bersoda -- Vanili secukupnya -- Pewarna sesuai selera -Cara membuat :1. Gula, telur, dimixer sampai putih dan kental.2. Masukkan terigu. Aduk rata. Beri minuman bersoda, vanili. Aduk kembali sampai rata.3.Ambil beberapa sendok makan. Beri pewarna sesuai selera.4. Masukkan ke dalam cetakan

Kue Pancong

Kue PancongBahan :- 1 butir kelapa muda, parut -- 150 gram tepung beras -- 50 gram terigu -- 1 sdt air kapur sirih -- 100 cc air a-- Garam, vanili secukupnya -Taburan :- Gula pasir secukupnya -Cara membuat :1. Semua bahan dicampur jadi satu. Aduk rata.2. Panggang dalam cetakan sampai setengah matang.3. Taburi gula pasir. Panggang sampai matang.4. Angkat dari cetakan.Untuk 17 buahAura / Lezat

Kue Ape Gula Merah

Kue Ape Gula MerahBahan :- 150 gram terigu -- 2 sdm susu bubuk -- 1 butir kuning telur -- 300 cc santan dari 1/4 butir kelapa -- Vanili, garam secukupnya -- Pewarna hijau secukupnya -Isi :- Gula merah secukupnya -Taburan :- Coklat meyses secukupnya -Cara membuat :1. Semua bahan dicampur jadi satu. Panggang dalam setakan.2. Isi dengan gula erah. Bagian atasnya ditabur coklat meyses.3. Setelah

Thursday, April 15, 2010

Sayur Udang Asam Manis

Sayur Udang Asam ManisBahan :- 150 gram udang, kupas -- 20 butir telur puyuh -- 50 gram kapri -- 1/2 buah wortel, potong balok -- 6 sdm saus tomat -- 2 sdm cuka -- 350 cc santan dari 1/4 butir kelapa -- 1/2 tangkai brokoli, potong perkuntum -- 5 siung bawang putih, iris tipis -- Minyak secukupnya, untuk menumis -Bumbu :- 4 butir kemiri, haluskan -- Garam, gula pasir secukupnya -Cara membuat :1.

Macaroni Bumbu Opor

Macaroni Bumbu OporBahan :- 250 gram macaroni, rebus sampai lunak -- 1/2 dada ayam, potong dadu -- 1 buah wortel, potong dadu -- 1/2 mangkuk kapri -- 500 cc santan dari 1/2 butir kelapa -- 1 tangkai daun bawang, iris tipis -- Minyak secukupnya, untuk menumis -Bumbu haluskan :- 6 butir bawang merah -- 3 siung bawang putih -- 3 butir kemir -- 1 sdt ketumbar -- 1/2 ruas jari lengkuas -- Garam, ula

Sup Udang

Sup UdangBahan :- 200 gram besar -- 100 gram rebung, iris halus -- 3 lembar sawi putih -- 20 gram hipiau -- 600 cc air -Bumbu :- 1/2 sdm minyak wijen -- 1 sdm kecap manis -- 1 sdm cuka -- Garam, gula pasir secukupnya -- 1 butir telur, kocok lepas -- 1 tangkai daun seledri, iris halus -Cara membuat :1. Semua bahan dan bumbu dimasak sampai matang.2. Tambahkan telur. Masak sampai telur matang.3.

Sandwich Pisang Coklat Keju

Sandwich Pisang Coklat KejuBahan :- 2 lembar roti tawar -- 2 butir telur, garam, merica secukupnya, kocok lepas -- 1 buah pisang raja, goreng, potong melintang -- Coklat mesyes secukupnya -- Keju parut secukupnya -Cara membuat :1. Roti tawar dicelup ke dalam telur.2. Panggang sampai kecoklatan.3. Susun dengan bahan lain. Siap dihidangkan.Untuk 1 porsiAura / Lezat Sehat 126 / Minggu ke-1 / Januari

Resep Rujak Cingur Surabaya

Kemarin siapa yang bertanya resep rujak Cingur? Aku akhirnya buka kamus dulu.
Cingur adalah tulang rawan dari bagian hidung dan bibir atas sapi. Biasanya ditemui dalam rujak cingur.(sumber wikipedia).
Setelah membacanya, di sini dimana bisa beli cingur? bilang sama penjualnya apa namanya? hehe...ternyata sulit.
Saya akhirnya nyari saja resepnya, maaf aku belum praktek resep ini.Rujak Cingur ini lebih populer di daerah Jawa Timur, khususnya Surabaya. Bagi yang sudah praktek, kalau sudah matang, boleh dikirim kesini. hehe....

Resep Rujak Cingur 1

Resep dan gambar Rujak Cingur dari http://usahakuliner.blogspot.com/

Bahan:

* 50 gram kangkung, dicuci bersih
* 50 gram taoge
* 75 gram kecipir (belah daun memanjang)
* 100 gram bangkuang
* 75 gram mentimun
* 50 gram mangga muda
* 75 gram tempe goreng
* 100 gram tahu goreng
* 250 gram cingur (tulang rawan hidung sapi)/kulit/kikil sapi, direbus
* Sambal petis

Cara membuat:

* Rebus kangkung, taoge, dan kecipir sampai matang, angkat.
* Potong mentimun, bangkuang, mangga muda, tempe goreng, tahu goreng dan cingur yang sudah direbus matang, sisihkan.
* Campur semua bahan di piring cekung lalu disiram dengan sambal petis. Aduk sampai rata. Siap dihidangkan.

Resep Rujak Cingur 2
Sumber: tabloid nyata

Bahan:
100 gram kangkung tanpa batang
100 gram taoge, siangi
250 gram cingur
tempe goreng secukupnya, potong kotak
tahu goreng secukupnya, potong kotak
200 gram kikil sapi
100 gram lontong

Bumbu kacang:
100 gram kacang tanah, sangrai
60 gram gula merah
2 sdm petis udang
1 buah pisang batu/klutuk, iris
1 siung bawang putih, goreng
garam secukupnya
75 ml air asam

Cara Membuat:
1. Cuci bersih kikil dan cingur sapi, rebus hingga matang dan lunak. Angkat, tiriskan, dan potong-potong.
2. Cuci bersih tiap sayuran, rebus secara terpisah hingga matang, sisihkan.
3. Bumbu Kacang: campur kacang tanah, gula merah, pisang batu, bawang putih, garam, dan petis, haluskan, tuang air asam, aduk rata.
4. Atur sayuran rebus, kikil, tahu, tempe, cingur, lontong, dalam piring saji.
5. Sajikan bersama bumbu kacang.

Untuk 2 porsi
Selamat mencoba!

Baca juga yang ini:
Cara membuat taoge.
Cara membuat lontong pakai plastik.

Wednesday, April 14, 2010

Sandwich Tuna Keju

Sandwich Tuna KejuBahan :- 2 lembar roti tawar -- 2 butir telur, garam, merica secukupnya, kocok lepas- Ikan tuna kaleng secukupnya -- 1 siung bawang putih, cincang -- Garam, merica secukupnya -- Mentega untuk menumis secukupnya -- Keju parut secukupnya -- Saus tomat secukupnya campur keju krim secukupnya -Cara membuat :1. Tumis bawang putih, ikan tuna, garam, merica dengan mentega. Sisihkan.2.

Sandwich Telur Puyuh

Sandwich Telur PuyuhBahan :- 2 lembar roti tawar -- 2 butir telur, garam, merica secukupnya, kocok lepas -- 4 butir telur puyuh, buat telur dadar -- Mayones siap beli secukupnya -- Saus tomat secukupnya -- 1 lembar daun selada -Cara membuat :1. Roti tawar dicelup ke dalam telur.2. Panggang sampai kecoklatan.3. Susun dengan bahan lain. Siap dihidangkan.Untuk 1 porsiAura / Lezat Sehat 126 / Minggu

Sandwich Daging Asap

Sandwich Daging Asap Bahan :- 2 lemabr roti tawar, panggang -- 1 potong daging asap, tumis dengan mentega -- 1 lembar keju tipis -- mayones siap beli secukupnya -- Saus tomat secukupnya -- 1 lembar daun selada -Pelengkap :- Paprika hijau, nanas, cabai merah secukupnya -Cara membuat :1. Roti panggang dipoles saus tomat, mayones.2. beri daging asap, keju tipis, selada. Tutup dengan roti panggang

Sandwich Ayam Asap

Sandwich Ayam AsapBahan :- 2 lembar roti tawar, panggang -- 1 potong ayam asap siap beli -- Mayones siap beli secukupnya -- Mentimun secukupnya, iris melintang -- Daun selada secukupnya -Cara membuat :1. Roti panggang dipoles saus tomat, mayones.2. Beri ayam asap, mentimun, selada. Tumpuk dengan lembaran roti yang satu. Sajikan.Untuk 1 porsiAura / Lezat Sehat 126 / Minggu ke-1 / Januari 2007

Sandwich Avokad

Sandwich AvokadBahan :- 2 lembar roti tawar, panggang -- Selai stroberi secukupnya -- Avokad kerok secukupnya -- Mentega secukupnya -Cara membuat :1. Roti panggang dipoles mentega, selai stroberi.2. Beri potongan avokad. Tutup dengan lembar roti tawar yang lain.3. Sajikan.Untuk 1 porsiAura / Lezat Sehat 126 / Minggu ke-1 / Januari 2007

Tuesday, April 13, 2010

Apple Pie

Apple Pie Bahan :- 1 buah apel, potong dadu, cuci air garam, tiriskan -Vla (campur, masak sampai matang) :- 250 cc susu cair -- 30 gram maizena -- 1 butir kuning telur -- 50 gam gula -- Garam, vanili secukupnya -Cara membuat :1. Campur vla dengan apel.2. Isikan ke kulit pie. Siap dihidangkan.Untuk 10 porsiAura / Lezat Sehat 86 / Minggu ke-4 / Maret 2006

Pie Stroberi

Pie StroberiBahan :- 10 bauh stroberi -Vla (campur masak sampai matang) :- 250 cc susu cair -- 30 gram maizena -- 1 butir kuning telur -- 50 gram gula -- Garam, vanili secukupnya -Cara membuat :1. Kulit dasar pie diisi dengan vla. Bagian atasnya beri stroberi.2. Siap dihidangkan.Untuk 10 porsiAura / Lezat Sehat 86 / Minggu ke-4 / Maret 2006

Pie Udang

Pie UdangBahan :- 5 ekor udang rebus -- 1/4 buah wortel, potong dadu -- 1 batang seledri, iris halus -- 75 cc air -- 2 butir bawang merah, iris halus -- 1/2 ruas jari jahe, iris halus -- Minyak secukupnya untuk menumis -Bumbu :- Merica, garam, gula secukupnya -Cara membuat :1. Tumis bawang merah sampai harum. Beri bumbu. Masak sebentar.2. Beri udang, wortel. Masak sebentar. Beri air.3. Masak

Monday, April 12, 2010

Resep Ayam Goreng Kremes

Mencoba resep baru kadang ada tantangan tersendiri. Yang namanya mencoba/latihan menemui kegagalan adalah hal biasa. Artinya tidak sekali mencoba langsung sukses. Begitu juga ketika memasak. Masak yang satu ini, kendalanya saat membuat kremesnya. Karena munurutku sulit...hehe...Mau mencoba membuatnya?
Berikut resep Ayam Goreng Kremes selengkapnya:

Bahan:
1 ekor ayam, potong-potong
3 lembar daun jeruk
3 lembar daun salam
3 iris lengkuas

Bumbu halus :
6 bawang merah
6 bawang putih
1 sdm ketumbar
1 sdt merica
sepotong jahe
1 sdt jintan
sedikit kunyit
2 sdm garam

Bahan kremes:
1 cup air rebusan ayam
1/4 cup tepung beras ( boleh ditambah tepung tapioka )
1 butir telur, kocok rata
1 cup air

Directions:
1. Rebus ayam dengan semua bumbu hingga empuk, angkat ayam dari air rebusan.
2. Goreng ayam hingga kekuningan, angkat, tiriskan.
3. Campur semua bahan kremes, goreng per satu sendok sayur ke dalam minyak panas dengan api agak besar. Goreng hingga kering. Angkat.
4. Sajikan ayam dengan taburan kremes.

Kini tiba saatnya makan....jangan lupa berdoa terlebih dahulu...




Pie Tutup

Pie TutupBahan isi :- 2 butir bawang merah, iris halus -- 150 gram kornet -- 1 sdm margarin -- Garam, merica secukupnya -Bahan polesan (campur) :- 1 butir kuning telur -- 2 sdm air -Cara membuat :1. Tumis bawang merah sampai harum. Beri garam, merica. Aduk sebentar. Beri kornet. Masak sebentar. Angkat. Sisihkan.2. Kulit pie yang masih mentah dimasukkan ke dalam cetakan. Tutup dengan adonan pie.3.

Pie Ayam

Pie AyamBahan :- 1/2 dada ayam fillet, rebus, potong dadu -- 1/4 buah wortel, potong dadu -- 1 batang seledr, iris halus -- 75 cc susu cair -- 2 butir bawang merah, iris halus -- Minyak secukupnya, untuk menumis -Bumbu :- Merica, garam, gula secukupnya -Cara membuat :1. Tumis bawang merah sampai harum. Beri bumbu. Masak sebentar.2. Beri ayam dan wortel. Masak sebentar. Beri susu cair.3. Masak

Pie Kacang

Pie KacangBahan :- 250 gram kacang sangrai -- 100 gram gula -- 50 cc minyak sayur -- 1 sdt garam -Bahan taburan :- Kacang tanah sangari secukupnya, cincang kasar -Cara membuat :1. Semua bahan diblender sampai halus sakali.2. Masukkan ke dalam kulit pie yang sudah matang. Taburi kacang cincang.Untuk 10 buahAura / Lezat Sehat 86 / Minggu ke-4 / Maret 2006

Adonan Dasar Pie

Adonan Dasar PieBahan :- 250 gram terigu -- 125 gram mentega -- 50 cc susu cair -- 1 butir telur -- 1/2 sdt garam -Cara membuat :1. Semua bahan dicampur asal rata saja.2. Masukkan ke dalam cetakan. Oven 180 oCa selama 30 menit.Untuk 10 buahAura / Lezat Sehat 86 / Minggu ke-4 / Maret 2006

Saturday, April 10, 2010

Tumis Aneka Sayur

Tumis Aneka SayurBahan :- 1 ikat kangkung -- 3 lembar sawi putih, iris 3 cm -- 2 lembar kol merah, iris kasar -- 2 buah cabai merah, iris serong -- 1/4 dada ayam, potong dadu -- 150 cc air -- Minyak secukupnya untuk menumis -Bumbu halus :- 3 butir bawang merah -- 2 siung bawang putih -- 3 buah cabai merah -- 1 ruas jari jahe -- Garam secukupnya -Cara membuat :1. Tumis bumbu sampai harum. Beri

Sarak Terong

Sarak TerongBahan :- 4 buah terong, potong kasar -- 1 batang serai -- 50 gram ebi, haluskan -- 2 sdm selai kacang -- 750 cc santan dari 1 butir kelapa -- Minyak secukupnya untuk menumis -Bumbu halus :- 5 buah cabai merah -- 3 siung bawang putih -- 6 butir bawang merah -- 1/2 ruas jari lengkuas -- 1 sdt ketumbar -- 1/4 sdt jintan -- 1 ruas jari kunyit -- Garam secukupnya -Cara membuat :1. Tumis

Lontong Balap

Lontong Balap Bahan :- 5 buah lontong, iris melintang -- 200 gram tauge -- 1 buah tahu putih besar goreng, potong dadu -- Bawang goreng secukupna untuk taburan -Lento Kacang Tolo :- 200 gram kacang merah rendam 3 jam, rebus sampai lunak -- 4 sdm sagu -- 2 siung bawang putih, haluskan -- 1 sdt ketumbar, haluskan -- Garam, gula secukupnya -- Minyak secukupnya untuk menggoreng -Kuah :- 3 siung

Ampela Hati Masak Habang

Ampela Hati Masak HabangBahan :- 10 buah ampela -- 10 buah hati ayam -- 2 sdm air asam -- 3 sdm kecap manis -- 1 buah tomat, masak kasar -- Garam secukupnya -- 200 cc air -- Minyak secukupnya untuk menggorengBumbu halus :- 20 buah cabai merah -- 8 siung bawang putih -- 4 butir bawang merah -- 1 sdt terasi -- 1/2 ruas jari kencur -- 1 ruas jari jahe -- Garam, gula merah secukupnya -Cara membuat :1

Friday, April 9, 2010

Menangis Saat Mengiris Bawang?

Mata Anda jadi perih saat mengiris bawang? Atau malah sampai menangis dan acara mengiris bawangnya langsung dihentikan? Namun Anda bisa mencegah tangisan akibat bawang ini.
Cobalah beberapa cara berikut ini:

1. Jangan pakai tangan secara langsung
Jika Anda memang selalu memasak sendiri di rumah, beli saja pengiris bawang. Pastikan Anda tidak memproses bawang terlalu lama di dalamnya, dan tunggu beberapa detik sebelum membuka tutupnya untuk memberi kesempatan gas yang ditimbulkan oleh bawang yang terpotong, mengendap terlebih dahulu.

2. Dinginkan dulu
Simpan bawang di dalam lemari es, atau letakkan dulu di dalam freezer selama beberapa menit sebelum dipotong. Meskipun bawang tidak perlu disimpan di dalam lemari es, bawang yang dingin tidak terasa begitu pedas untuk mata.

3. Potong dalam rendaman
Potong bawang di bawah air dingin untuk menghilangkan zat yang membuat iritasi sebelum hal itu dapat bereaksi terhadap mata Anda.

4. Hindari akarnya
Menurut The National Onion Association, Anda dapat mengurangi air mata ketika memotong bawang dengan memotong bagian atasnya lebih dulu, kemudian mengupas kulit terluarnya, dan biarkan akarnya utuh. Ujung akar dari bawang memiliki konsentrasi terbesar dari senyawa belerang, sehingga jika dipotong akan membuat mata pedih.

5. Bernafas lewat mulut
Cobalah menahan selapis roti (atau makanan apa pun) di antara gigi ketika Anda memotong bawang. Bernafas melalui mulut akan mengurangi kemungkinan zat yang membuat gatal naik ke hidung Anda, sehingga mengurangi pula kemungkinan untuk membuat pedih mata.

6. Buat tabungan bawang
Jika bawang merah termasuk bahan yang sering Anda gunakan saat memasak, rajang/iris saja dalam jumlah yang cukup banyak dalam sekali waktu, lalu simpan dalam wadah yang tertutup rapat di dalam lemari es. Waktu dan air mata akan dihemat.

Aku sering melakukannya dengan cara kedua, setelah bawang dikupas dan dicuci, simpan dalam kulkas, baru diiris. Kalau memerlukan banyak bawang iris, misalnya mau membuat bawang goreng, ya pakai pengiris  bawang saja. Hemat waktu dan air mata. hehe...

Mana yang sering Anda lakukan untuk mencegah nangis saat mengiris bawang? Tentu saja pilih yang sesuai kebutuhan Anda.

Semoga bermanfaat!

Thursday, April 8, 2010

Nasi Goreng Seafood

Nasi Goreng SeafoodBahan :- 1 piring nasi -- 5 ekor udang kupas -- 1 ekor cumi, potong dadu -- 2 buah cabai merah, iris serong -- 1/2 sdt kecap ikan -- 1 sdm saus tiram -- Minyak secukupnya,, untuk menumis -Bumbu halus :- 2 siung bawang putih -- 3 butir bawang merah -- 3 buah cabai merah -- Garam, merica, gula secukupnya -Cara membuat :1. Tumis bumbu sampai harum. Beri saus tiram, kecap ikan.

Nasi Goreng Bumbu Kuning

Nasi Goreng Bumbu KuningBahan :- 1 piring nasi -- 1/4 dada ayam, potong dadu -- 50 gram kacang polong -- 1/2 buah paprika, iris serong -- Minyak seukupnya, untuk menumis -Bumbu halus :- 2 siung bawang putih -- 3 butir bawang merah -- 2 rua jari kunyit -- 1 butir kemiri -- Garam, merica secukupnya -Cara membuat :1. Tumis bumbu sampai harum. Beri dada ayam. Masak sampai berubah warna.2. Tambahkan

Nasi Goreng Nanas

Nasi Goreng NanasBahan :- 1 piring nasi -- 1/4 buah nanas, potong dadu -- 1/4 buah dada ayam, potong dadu -- 100 gram jamur kaleng -- 1/2 buah paprika hijau, potong dadu -- 1 batang daun bawang, iris halus -- 2 buah cabai merah, iris serong -- Minyak secukupnya, untuk menumis -Bumbu halus :- 2 sing bawang putih -- 3 butir bawang merah-- Garam, merica, gula secukupnya -Cara membuat :1. Tumis bumbu

Nasi Goreng Teri

Nasi Goreng TeriBahan :- 1 piring nasi -- 1/2 buah tomat, potong kasar -- 75 gram terig goreng -- 50 gram dendeng goreng, potong halus -- 2 buah cabai merah, iris serong -- Minyak secukupnya untuk menumis -Bumbu halus :- 5 buah cabai merah -- 1 buah cabai rawit -- 2 siung bawang putih -- 3 butir bawang merah -- 1 butir kemiri -- 1 sdt terasi -- Garam, gula secukupnya -Cara membuat :1. Tumis bumbu

Nasi Goreng Tomat

Nasi Goreng TomatBahan :- 1 piring nasi -- 5 sdm saus tomat -- 1/4 dada ayam, potong dadu -- 100 gram jamur kaleng -- 2 buah cabai merah, iris serong -- Minyak secukupnya untuk menumis -Bumbu halus :- 2 siung bawang putih -- 3 butir bawang merah -- Garam, merica, gula secukupnya -Cara membuat :1. Tumis bumbu sampai harum. Beri dada ayam. Masak sampai berubah warna.2. Tambahkan bahan lain. Masak

Wednesday, April 7, 2010

Es Pelangi

Es PelangiBahan :- 2 buah avokad, ambil isinya -- 100 gram biji delima merah, siap beli -- 200 gram sari kelapa -- 2 butir kelapa kopyor, keruk isinya -- 1 sdm selasih, rendam dengan air dingin -- Sirup rozen secukupnya -- SUsu kental manis secukupnya -- Es batu secukupnya -Cara mebuat :1. Siapkan gelas. Tuang sirup rozen. Tambahkan semua pelengkap.2. Beri es batu. Tambahkan susu kental

Tuesday, April 6, 2010

Resep Rujak Serut

Ketika belanja, melihat ada buah mangga dengan harga per kilogramnya segitu aku pikir pasti manislah...masak harga segitu tidak manis. Akhirnya beli. Sampai rumah, mau makan, ambil satu dan dikupas. Mencoba dicicipin, yah...rasanya asem...gak manis sama sekali, jauh dari perkiraan semula. Padahal warna dagingnya kuning, cantik...
Kalau tidak tahu jenis mangga ya begini nih....hihi...beli cuma lihat harganya saja. Akhirnya dibumbuin saja....diberi tambahan buah yang ada di kulkas.

Jadi deh rujak serut...Mau coba? Berikut resep rujak serut selengkapnya:

RESEP RUJAK SERUT

Bahan:
1 buah mentimun, buang bijinya, serut (jangan dikupas biar ada warna hijaunya)
1 buah bengkuang, kupas, serut (kebetulan pas ada buah ini disini dari Indonesia loh...)
1 buah kweni, kupas, serut (punyanya udah agak matang, akhirnya diiris kecil saja, gak bisa diserut)
1 buah belimbing, serut atau iris kecil (aku gak pakai)
1 buah jambu air, serut/iris kecil

Kuah:
air secukupnya
200 gram gula merah, sisir
100 gram gula pasir
100 gram asam jawa, rendam air panas, ambil airnya ( kalau ingin warna rujaknya bening pakai cuka/lemon juice/air jeruk nipis)
5 buah cabai rawit, haluskan
sedikit terasi, haluskan
1 sdt garam

Cara membuat:
1. Kuah: Rebus air dengan gula merah, gula pasir, asam, cabai rawit, terasi dan garam menjadi satu hingga mendidih dan agak kental. Angkat, saring dan dinginkan.
2. Masukkan semua buah yang telah diserut ke dalam larutan gula, aduk, simpan ke dalam kulkas selama 30 menit hingga bumbu meresap.
3. Sajikan dingin.

Buah-buahan sesuaikan saja dengan yang ada di rumah, syukur hasil panen dari kebun sendiri...
Nanas, kedondong, bisa juga dibuat rujak. Cabe  bisa ditambah/dikurangi, tergantung selera saja.
Ketika makan kepedesan, akhirnya ditambah satu sendok ice cream...hmmmm..... yummi....



Saturday, April 3, 2010

Resep Kue Terang Bulan/Martabak Manis

Bahan-bahan

- 300 gr tepung terigu
- 500 gr susu segar
- 1 bungkus ragi roti kering
- 1 bungkus baking powder
- 3 butir telur ayam
- 50 gr gula pasir
- 1 sdt garam
- mentega untuk mengoles

Isi/taburan:

- Keju parut
- Cokelat butir (meyses)
- Kacang tanah sangrai/oven, ditumbuk kasar.

Cara membuatnya

1. Semua bahan dicampur dan diaduk.
2. Siapkan wajan datar/pan (diameter lk. 25cm) dan panaskan mentega hingga cair dan panas.
3. Kecilkan api. Ambil adonan dengan sendok sayur, tuangkan ke wajan datar dan tunggu hingga setengah matang (waktunya singkat, tampak uap keluar dari permukaan).
4. Taburkan isi/taburan sesuai selera.
5. Setelah matang (lk. setengah menit), lipat kue hingga berbentuk setengah lingkaran, angkat.
6. Potong-potong. Siap dihidangkan.

Kalau dengan resep diatas rasanya kurang pas, silakan dimodif sendiri.
Semoga bermanfaat!

Thursday, April 1, 2010

Kolak Labu Kuning

Selain sebagai campuran untuk membuat kolak pisang, labu kuning bisa juga dibuat kolak tanpa campuran.

Bahan:
labu kuning, secukupnya, kupas, potong dadu, cuci bersih
santan encer, secukupnya
gula pasir, secukupnya (ukuran manis tiap orang berbeda-beda)
daun pandan, sobek, simpulkan
sedikit garam

Cara membuat:
1. Masak santan, gula pasir, daun pandan dan garam. Aduk terus jangan sampai pecah.
2. Setelah mendidih, masukkan irisan labu kuning.
3. Aduk-aduk dan masak hingga matang.
4. Sajikan selagi masih hangat.

Anda bisa juga mencampurnya dengan kolang-kaling atau nangka matang yang sudah diiris kecil. Silakan berkreasi!
Posting yang mudah membuatnya saja, yang punya dapur lagi males masak....
Selamat mencoba!

Es Mutiara Kelapa

Es Mutiara KelapaBahan :- 2 buah marakisa, ambil isinya -- 250 gram melon, bentuk bulat -- 200 gram pepaya mengkal, bentuk bulat -- 100 gram jeruk mandarin kalengan -- 100 gram sari kelapa -- Sirup leci secukupnya -- Susu kental manis secukupnya -- 750 cc air matang -- Es batu secukupnya -Cara membuat :1. ampur air, susu kental manis, sirup leci. Masukkan semua bahan. Aduk hingga tercampur.2.

Es Lengkeng Tutti Frutti

Es Lengkeng Tutti FruttiBahan :- 150 gram buah leci, potong-potong -- 100 gram apel malang, kupas, potong dadu -- 100 gram nenas, potong dadu -- 100 mangga harum manis, potong dadu -- Sirup rozen atau grenadine secukupnta -- Es baru secukupnya -Cara membuat :1. Campur semua bahan kecuali sirup, aduk rata.2. Hidangkan dengan sirup dan es batu.Untuk 5 gelasAura / Lezat Sehat 62 / Minggu ke-4 /

Wedang Biji Teratai

Wedang Biji TerataiBahan :- 100 gram biji teratai kering, rebus hingga empuk -- 100 gram buah lontar, iris tipis -- 25 gram biji jali, rendam, rebus -- 50 gram jagung manis -Buah (masak sampai larut, saring) :- 2 ruas jari jahe, memarkan -- 2 lembar daun pandan -- 1/2 sdt vanili -- 150 gram gula jawa -- 50 gram gula pasir -Saus santan (masak mendidih dan kental) :- 300 cc santan kental dari 1

 
Powered by Blogger